Senin, 02 November 2009

10 hari terakhir ramadhan


10 hari terakhir bulan ramadhan identik dng orang melakukan itikaf untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar. hari2 yang penuh dng rahmat dan barokah... kenapa? karena di selang waktu tersebut Al-Qurannur Karim turun ke bumi dng izin ALLAH.

Kebiasaan kaum muslim di timur tengah dalam menghadapi 10 hari terakhir bulan ramadhan mereka sungguh-sungguh utk meningkatkan ibadah mereka. Diantaranya di tanggal ganjil yg utama, mereka berburu malam Lailatul Qadar, sangat terlihat di mesjid-mesjid tampak begitu padat orang-orang sibuk mempersiapkan malam Lailatul Qadar, penuh sesak bagi mereka yg sedang itikaf.
Tidak ketinggalan bagi para ibu2 yg sedang mendapat halangan. Mereka pun ttp ikut sibuk menyediakan masakan utk di jajakan di mesjid, utk para muslimin yang itikaf di mesjid.
Makanan yg dijajakan dengan cuma2 itu, jumlahnya tidak sedikit juga. Hingga mahasiswa indonesia pernah cerita "terkadang niat itikaf di mesjid sekalian beribadah ya sekalian juga dapet makanan gratis untuk saur, bawa plastik utk diisi daging ayam, daging sapi, gpp ga perlu malu hhe" dengan cuek dan senang nya mahasiswa itu bercerita.
Perlu ditinjau,, apa alasan mereka yg memasak makanan dan menjajakan dng gratis kepada para muslimin yang melakukan itikaf. Alasannya mereka pun ttp ingin berburu nilai ibadah/pahala malam Lailatul Qadar meski sedang dalam halangan...
ya apabila seseorang itikaf mendapat malam lailatur qadar,,, org yg memberi makanan pun mendapat pahala yg jumlah pahala sama besarnya dng yg mendapat lailatul qadar.

Kita tengok ke indonesia...
Apa yang terjadi sdr2 ketika 10 hari terakhir bulan ramadhan, yang terjadi kita bisa liat dng kesimpulan 4M
- Masjid berangsur2 kosong
- Mal semakin padat
- Mudik terlihat ramai
- yg M keempat mungkin Males kemana mana

Ya itu udah menjadi budaya indonesia.
Di timur tengah dari cerita yg pernah didengar, Iedul Fitri itu biasa, yg ramai itu ketika Iedul Adha.
Di Indonesia Hmm Iedul Fitri rame2 belanja itu ini. (udah belanja belum?)


oh ya..
10 hari terakhir bulan ramadhan itu diungkapkan sebenarnya para malaikat, alam itu menangis.
Ya mereka menangis karena bulan yg penuh berkah penuh rahmat akan berakhir.
Yg ditangisi mereka terutama org2 sholeh/sholehah, malaikat menangis apa mereka yg sholeh/sholehah bisa kembali bertemu dng bulan suci ramadhan.
Malaikat apa perlu menangisi org kafir/ org yg puasanya belang betong.. ntahlah.

Tetep dengan ikhtiar ibadahnya sodara-sodaraku...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar