Minggu, 29 November 2009

Tentang Lupus


Sejenak bergetir, meski air mata g sampe melumer.. Jelas hati ini ikut berduka. Disaat denger temen (adik kelas akhwa waktu kuliah) meninggal dunia.
Innalillahhi wa inaillaihi roji'un...
Ditelisir dari info beberapa temennya, dy sempet sakit Lupus,, saat itu juga cari info tentang Lupus.

Lupus ato systemic lupus erythematosus adalah suatu penyakit yang belum ditemukan penyebabnya(masih samar-samar) jg belum ada obatnya, dimana dideskripsikan penyakit ini tubuh memproduksi antibodi yg berlebihan, sehingga antibodi jadi liar dan balik menyerang si-odapus. Antibodi yg kudunya melindungi malah membalik menyerang sel-sel yang sehat.

Deskripsi lainnya, Lupus adalah suatu penyakit karena adanya Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh (Auto Immun), dimana pada keadaan normal tubuh manusia membentuk antibodi untuk melawan infeksi dari luar, tetapi pada SLE (Systemic Lupus Erythematosus) terbentuk antibodi yang menyerang organ tubuhnya sendiri, misalnya dapat menyerang ginjal, hati, sistem darah, kulit dan lain-lain.

Ciri-ciri lupus :
1. Nyeri persendian tulang
2. Sariawan sampai di tenggorokan
3. Suhu tubuh tinggi
4. Ada semacam Ras kupu-kupu di pipi
5. Kerontokan tubuh
6. Anemia


Lupus sering disebut juga dengan Penyakit Seribu Wajah. Karena apa disebut demikian ? Hal ini dikarenakan penyakit Lupus, munculnya bisa berwujud penyakit lain. Kadang Lupus menyerang ginjal, lalu disangka menderita penyakit ginjal.
Menurut statistik, kelainan ini lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria dengan perbandingan 9 : 1. Seringkali kali seseorang tidak terdeteksi mengidap penyakit yang sulit disembuhkan dan bisa mengancam jiwa ini. Salah satu penyebabnya adalah karena Lupus memiliki gejala yang tidak khas.
 

Yayasan Lupus Indonesia (YLI) yang dipelopori dan diketuai oleh ibu Tiara Savitri SPd adalah suatu wadah yang berusaha menyebarluaskan informasi yang dibutuhkan tentang penyakit Lupus ataupun rujukan dokter-dokter Pemerhati Lupus. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Yayasan Lupus Indonesia adalah penyuluhan kesehatan terutama mengenai penyakit Lupus kepada masyarakat umum, medik, maupun paramedik, meringankan beban pasien Lupus, pengumpulan dana, memperjuangkan kepentingan penderita Lupus dan mendirikan layanan kesehatan, mengadakan seminar, juga berusaha melakukan pengadaan sarana pertemuan bagi Odapus.
 

Tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan lupus. Pengobatan yang diberikan berguna untuk menangani gejala-gejalanya. Dokter akan melihat gejala yang ada dan mengobati gejala tersebut. Untuk gejala yang lebih berat, digunakan obat kortikosteroid atau terapi sitostatik/ chemotheraphy. Antibiotik, antivirus dan anti jamur juga diberikan apabila juga ada infeksi.


:: info : http://stelicia.multiply.com, http://lemut1.wordpress.com

1 komentar: